Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap buku ajar Durusullughah al-Arabiyah Jilid I berdasarkan pandangan Rusydi Ahmad. Aspek-aspek yang dibandingkan meliputi aspek bahasa dan aspek keterampilan berbahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengamati buku ajar, memilah dan memilih data, memetakan data, dan menganalisis data yang diperoleh dari pemetaan yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Durusullughah al-Arabiyah telah memenuhi kriteria berdasarkan pandangan Rusydi Ahmad Thu’aimah dalam aspek bahasa dan keterampilan berbahasa yang disajikan. Berdasarkan kelayakan, buku ajar Durusullughah al-Arabiyah Jilid I telah sesuai dengan unsur Mufrodat, Qawalid, dan Muhadtasah, namun tidak sesuai dengan unsur Muthola’ah. Berdasarkan analisis kelayakan aspek ketrampilan berbahasa, buku Durusullughah al-Arabiyah Jilid I telah sesuai dan layak digunakan. Berdasarkan cara ketrampilan penyajiannya, DLA telah menyajikan empat ketrampilan berbahasa. Serta berdasarkan ketrampilan ketrampilan berbahasa yang difokuskan, DLA telah seimbang dalam penyajian empat ketrampilan berbahasa.
The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.
Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891 (Online), e-ISSN: 2549-2926 (Cetak)) by https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

							