Abstract
Rendahnya hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam membutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran di kelas. Hal ini menjadikan peneliti tertarik mengkaji rendahnya hasil belajar di MAN 1 Medan, dengan menggunakan inovasi baru dalam pembelajaran di kelas yaitu model pembelajaran Project Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Medan.Populasi berjumlah 250 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling berjumlah 70 siswa. Yaitu 35 siswa pada kelas XI IPA 7 yang akan di ajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan 35 orang pada siswa kelas XI IPA 10 yang akan di ajar menggunakan Model pembelajaran Example non exampl. Tes konsep diri dilakukan untuk mengelompokkan siswa yang memiliki konsep diri tinggi dan siswa yang memiliki konsep diri rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan statistik inferensial dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil Penelitian Menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh pembelajaran Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI IPA MAN Medan. Dalam hal ini hasil belajar Al-Qur’an Hadis dengan pembelajaran Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) lebih tinggi dari hasil Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan yang di ajarakan dengan example non example. Hal ini juga terlihat dari rata-rata Disiplin Belajar pada kelas dengan perlakuan pembelajaran Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) ( =86,7429) lebih tinggi dari rata-rata perlakuan pembelajaran siswa Kelas XI IPA MAN 1 Medan yang diajarkan dengan perlakuan Pembelajaran Example non example ( =81,2286). (2) Terdapat pengaruh Disiplin belajar Terhadap Hasil Belajar Qur’an Hadits Melalui Penggunaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Siswa MAN 1 Medan. Dalam hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI dengan motivasi belajar tinggi ( =87,60) lebih tinggi dari rata-rata hasil belajar Al-Qur’an Hadis siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan dengan motivasi belajar rendah ( = 85,60). (3) Terdapat interaksi antara pembelajaran dan disiplin belajar Al-Qur’an Hadis siswa XI IPA MAN 1 Medan. Berdasarkan Interaksi nilai Berdasarkan Interaksi nilai F = 0, 376 di dapat nilai signifikan. (2-tailed) sebesar 0,002 berarti lebih kecil dari α 0,05, maka Ho di tolak. Berarti ada interaksi antara penggunaan perlakuan pembelajaran dan Disiplin belajar.
The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.
Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891 (Online), e-ISSN: 2549-2926 (Cetak)) by https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

