Studi Komparatif Kode Etik Guru PAI
pdf

Keywords

Komparasi
Kode Etik
Guru Pai

How to Cite

Puspasari, A. N., Bakhruddin, M., & Hidayat, M. C. (2024). Studi Komparatif Kode Etik Guru PAI: (Perspektif Rahmah El Yunusiyyah dan Imam Al Ghazali). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 147–171. https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.2.147-171

Abstract

Penting bagi seorang guru untuk mentaati kode etik agar dapat menjaga profesionalitasnya. Banyak tokoh pendidikan yang mengemukakan pendapatnya tentang kode etik guru, diantaranya adalah Rahmah EL Yunusiyyah dan Imam Al Ghazali. Rahmah dan Al Ghazali memiliki pandangan yang berbeda tentang kode etik guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengomparasikan dan menganalisis kode etik guru Pendidikan Agama Islam perspektif Rahmah dan Al Ghazali. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian pustaka. Hasil komparasi kode etik guru PAI perspektif Rahmah dan Al Ghazali yang pertama, sikap sabar; kedua, perilaku guru; ketiga; kepemimpinan guru; keempat, akhlak yang harus dimiliki guru; kelima, perhatian guru terhadap siswa; keenam, memiliki nilai taqwa kepada Allah Swt. Kesimpulannya adalah penulis menjumpai banyak kesamaan antara pandangan Rahmah dan Al Ghazali. Secara umum prespektif keduanya memiliki kemiripan. Akan tetapi keduanya memiliki rincian yang berbeda.

https://doi.org/10.21274/taalum.2024.12.2.147-171
pdf

The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.


Creative Commons License

Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891 (Online), e-ISSN: 2549-2926 (Cetak)) by https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/index  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 


Downloads

Download data is not yet available.