NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM
pdf

Keywords

Nilai-Nilai Kepribadian, Guru Pendidikan Islam, Kitab Irsyadul Muallimin

How to Cite

Nurfuadi, N., Khasanah, E. U., & Fian, K. (2022). NILAI-NILAI KEPRIBADIAN GURU DALAM PENDIDIKAN ISLAM: (Studi dalam Kitab Irsyadul Muallimin). Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 43–55. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.43-55

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai kepribadian guru pendidikan Islam dalam kitab “Irsyadul Muallimin” Karya K.H. Taufiqul Hakim. Jenis penelitian ini yaitu literatur review dengan teknik pengumpulan data berdasar artikel atau buku yang sesuai topik. Analisis data menggunakan metode analisis dengan penyajian secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai kepribadian guru pendidikan agama Islam dalam kitab Irsyadul Muallimin yaitu guru memiliki kepribadian menyenangkan dengan indikator proaktif, cerdas, empati, bijaksana, kreatif dan inovatif, selalu belajar, humoris, bersahabat, mengetahui kebutuhan siswa, adil, sederhana, komunikatif, sabar, rendah hati, penyayang, tegas, mengayomi, disiplin, menghargai siswa, ikhlas, berpikir positif, pemaaf, dan demokratis.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.43-55
pdf

The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.


Creative Commons License

Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891 (Online), e-ISSN: 2549-2926 (Cetak)) by https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/index  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 


Downloads

Download data is not yet available.