IMPLEMENTASI TEORI PSIKOLOGI (EKOLOGI) BRONFRENBENNER PADA PENDIDIKAN KELUARGA Q. S AT-TAHRIM (66): 6
PDF

Keywords

pendidikan keluarga, teori ekologi Bronfrenbenner

How to Cite

Fadhilah, R., & Musthofa, T. (2022). IMPLEMENTASI TEORI PSIKOLOGI (EKOLOGI) BRONFRENBENNER PADA PENDIDIKAN KELUARGA Q. S AT-TAHRIM (66): 6. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 1–19. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.1-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi teori ekologi Bronfrenbenner pada pendidikan keluarga yang sesuai dalam Q.S at-Tahrim (66): 6. Metode yang digunakan adalah library research dengan pendekatan teori psikologi dari Bronfrenbenner, yaitu teori ekologi perkembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teori ekologi pengembangan mengkaji pendidikan anak dengan beberapa pendekatan sub sistem, yaitu; 1) mikrosistem, mengkaji interaksi anak kepada anggota keluarga secara aktif. Keluarga mengajak serta memberikan contoh pendidikan sesuai ajaran agama yang benar, misalnya dalam hal beribadah. 2) ekosistem, mengkaji peran masif anak dalam kehidupan keluarga, misalnya yaitu hubungan internal suami istri yang berpengaruh pada pola interaksi terhadap anak. Sehingga dalam 2 sub sistem teori ekologi Bronfrenbenner, implementasi pada pendidikan keluarga agar terhindar dari api neraka dapat
dilakukan dengan membentuk pola komunikasi dan edukasi yang berdasarkan pada ajaran dan syariat agama yang benar.

https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.1-19
PDF

The author has full rights to the articles that has been sent to Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. The author is responsible for the originality of the articles and all the references used in the journal script.


Creative Commons License

Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam (p-ISSN: 2303-1891 (Online), e-ISSN: 2549-2926 (Cetak)) by https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/index  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License 


Downloads

Download data is not yet available.